Friday, December 7, 2018

Ini Dia, 7 Fakta Unik Ayam Yang Belum Kamu Ketahui

Suka ayam - Ini Dia, 7 Fakta Unik Ayam  Yang Belum Kamu Ketahui. Ayam aduan banyak digemari oleh banyak orang, mulai dari kalangan anak - anak hingga dewasa. Ayam dipelihara mulai dari kalangan bawah hinggga kalangan atas. Mereka rela merogoh kocek uang yang tidak sedikit demi mendapatkan ayam aduan  impiannya. Ayam yang dipelihara sendiri juga berbagai jenis mulai dari ayam kampung, ayam bangkok, ayam pelung, ayam pedaging, petelur dan masih banyak jenis yang lainnya.

Ayam aduan memang menggemaskan dan juga mempunyai nilai jual yang cukup lumayan jika ditekuni dengan baik. Oleh sebab itu lah kenapa banyak orang yang menggemari ayam aduan selain bisa menyalurkan hobi juga mempunyai nila jual  yang lumayan. Dibalik semua itu ada hal - hal yang cukup unik tentang ayam yang mungkin hanya diketahui oleh orang - orang yang memang berkecimpung di dunia ayam.

Baca juga : 7 Jenis Ayam Aduan Yang Paling Populer Di Dunia Sabung Ayam
Disini saya akan coba memberikan penjelasan tentang fakta - fakta unik tentang ayam yang mungkin belum anda ketahui. mari simak penjelasannya sebagai berikut.
  • Ayam betina bisa bertelur tanpa ayam jantan
Perlu anda ketahui ayam betina ternyata bisa mengeluarkan telur  tanpa kehadiran ayam pejantan. Terbilang cukup unik bukan? ayam beda dari hewan - hewan sejenis lainnya.  Tugas ayam pejantan yang membuahi sel telur  ternyata bukan untuk membuat si ayam betina bertelur. Secara alami ayam terus  memproduksi sel telur dalam tubuhnya dan akan dikeluarkan setelah prosesnya selesai. Ketika ayam si jantan tidak membuahi maka telur tersebut akan jadi telur infertil atau tidak mungkin menetas.
  • Semakin tua semakin besa ukuran telurnya
Fakta unik ayam ini terlihat dari ayam petelur, tuanya ayam makin besar pula ukuran telurnya. Namun dibalik besarnya telur, makin tuanya ayam jumlah produksinya  pun menjadi berkurang.
  • Darah daging berwarna hitam
Jangan kaget, memang benar ada jenis ayam yang mempunya darah berwarna hitam. Ayam ini menjadi ayam yang sangat unik, karena ayam tersebut semua anggota badannya  berwarna hitam. Sampai - sampai darahnya pun berwarna hitam. Tapi untuk sekarang sulit unutk mencari ayam cemani murni kebanyakan ayam cemani sekarang lidah dan darah mungkin masih berwana hitam, tetapi dagingnya berwana merah.
  • Hewan betina bisa berubah menjadi jantan
Saat melakukan eksperimen dengan suntikan hormon hewan jantan atau potong area ovarium ayam betina, Hewan betina tersebut dapat berkembang dan berubah menjadi ayam jantan. Ini dapat terjadi karena pada usia dewasa, hewan betina masih memiliki ovotestis yang ada dalam kondisi dorman.
  • Memiliki daya ingat yang bagus
Fakta unik ayam lainnya yakni  ayam bisa mengingat 100 wajah orang yang pernah dilihatnya. Namun ayam hanya dapat mengingat tajam pada orang yang terbiasa memegangnya saja. Hingga pada umumnya ayam akan mengeluarkan suara khas seperti suara peringatan.
  • Ayam potong cepat besar bukan karena hormon
Ayam yang kurang sehat dipotong tersebar banyak dipasaran. Cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan suntik hormon yang timbulkan ayam dapat tumbuh secara cepat. Namun hal itu tidak dianjurkan karena secara alami ayam broiler/ ayam pedaging dalam 35 hari dapat mencapai bobot 1,5 kg. Hal ini dikarenakan secara genesis sudah bagus ditunjang dengan pakan yang baik. Itulah alasan kenapa ayam broiler cepat besar. Adapun suntikan yang dlakukan yaitu suntik antibiotik, dan sekarang pun hal itu sudah mulai dibatasi oleh pemerintah.
  • Ayam punya sifat kanibalisme
Ayam terkadang mematuk temannya hingga berdarah dan akan terus menerus mematuknya hingga lukanya membesar. Hal tersebut sering terjadi pada peternakan ayam broiler yang memberi waktu makannya kurang. Hal ini dapat ditangulangi dengan dbeaking/ pemotongan paruh ayam supaya paruh nya tidak melukai ayam lainnya.
Demikianlah penjelasan tentang fakta-fakta unik ayam yang mungkin belum anda ketahui. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda semua. salam sukaayam.


No comments:

Post a Comment

Kami Segenap Keluarga Besar Sukabet77.net dan Pokersb.net Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019

Tahun Baru, Saatnya Bergabung Bersama POKERSB.net Dan Raih Kesempatan Menjadi Jutawan!! Hanya Dengan 1 User ID, Anda Sudah Bisa Bermai...